Mendatangkan Sikap Positif Ketika ada Negatif

Awal nulis niy. semoga bermanfaat ya. sering kali kita membaca buku-buku inspirasi dan motivasi. dan banyak pula yang membahas tentang sikap positif dari setiap masalah yang kita hadapi. dan memang berpikir positif sangat membantu suasana kita, baik itu secara fisik maupun secara fsikis.

sekali lagi berfikir positif itu penting? karena di dalam otak kita tersimpan 2 otak yang sangat mempengaruhi. otak sadar kita dan otak bawah sadar kita. otak sadar kita akan senantiasa mengikuti emosi yang ada dihati kita. dan hal tersbut menjadi berbahaya ketika kita tak mampu mengendalikan otak sadar kita.

misal, ketika seorang istri marah kepada seorang suami dengan alasan yang sangat-sangat spele, suami tersebut sering terbawa suasana si istri. apalagi misalnya si istri tak mau mengalah. secara langsung maupun tidak, otak kita akan terbawa oleh situasi yang nyata. karena mata menjadi jendela bagi otak sadar kita. Dari sana pada akhirnya kita tidak mampu mengambil hikmah dari kejadian yang kita alami. kenapa? karena kita sudah keburu ikut suasana tersebut.

berbeda ketika kita berusaha sekuat tenaga untuk menahan amarah yang akan meledak. sulit memang, tapi dari sana kita akan belajar untuk mendapatkan pelajarang yang berharga. hal tersebut didasarkan karena pikiran tenang kita. pikiran tenang dan berusaha untuk tidak terbawa suasana akan menyebabkan ketenangan pada jiwa. dari sana kita akan mendapatkan inti sari ilmunya.

lalu bagaimana cara mengkondisikan diri kita ketika kita dilanda kemarahan? okeh, ada beberapa tips untuk melatih agar kita tidak cepat terbawa emosi seseorang.

1. Tarik napas dalam-dalam

hehe…memang terlihat sangat spele. orang lagi ngambek kok disuruh tarik napas dalam dalam? saya bilang…”Just Do It”. percaya deh…pengalaman saya ketika saya bertengkar dengan istri, saya berusaha untuk menarik napas dalam-dalam. menarik napas kita dalam-dalam akan membawa tubuh kita sedikit lebih rileks. ulangi beberapa kali, dan anda akan menemukan kesegaran ditengah hawa panas pertengkaran.

2. ingat-ingat kebaikan orang yang sedang marah-marah kepada kita.

lupa ya kalo orang yang sedang bertengkar dengan kita telah sering memberikan banyak bantuan? buktinya? buktinya dia marah ke kita. dengan marahnya seseorang ke kita, maka kita bisa mempelajari diri kita sendiri. kita bisa menanyakan kepada diri kita kenapa orang tersebut marah ke kita.

3. Kalau di hati kita masih ada rasa kesal, coba untuk mengalihkan pikiran kita

sering kali ketika saya bertengkar dengan seseorang, ketika saya sedang kesal-kesalnya, maka saya akan mengalihkan pikiran saya ke sesuatu yang menyenangkan. misalnya saya sedang membayangkan naik perahu ke pulau yang sangat indah, atau saya membayangkan sedang makan durian. hehehe…sedikit aneh sih. tapi memang saya melakukannya. dan seringkali itu berhasil meredakan emosi….

4. kalau lagi marah, coba dengerin lagu-lagu yang nyantai dan isinya tentang kata-kata positif.

nah yang ini juga bener-bener bikin hati jadi tenang. banyak masalah yang dihadapi pun bisa bikin marah dan stres…coba dengerin lmusik instrumen kayak Mozart. tapi terus terang niy. kalo saya seringnya dengerin lagu keroncong. bikin adem. atau kalau tidak, dengerin lagunya Snada yang “Pasrahkan diri”. karena memang sejatinya manusia hanya bisa berpasrah.

sebagai tulisan awal, semoga ini bermanfaat buat semuanya…

Iklan

2 thoughts on “Mendatangkan Sikap Positif Ketika ada Negatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s