Karena Kamu Adalah Kehidupanmu (STOP BELAJAR 1)

stop belajarYa, karena kamu adalah kehidupanmu. Kehidupan si Tono ya kehidupan dia. Kehidupan si Sandi ya kehidupannya. Betul nggak? Maksud saya adalah kehidupan kita akan dibawa oleh kita sendiri, bukan oleh orang lain. Sukses tidaknya kehidupan kita juga ditentukan oleh kita sendiri. Jadi bukan si Tono atau si Tini (halah… jadi mirip judul lagu) yang menentukan kehidupan kita.

Namun lingkunganlah yang mempengaruhinya. Jangan-jangan kita mendapatkan nilai 6 di kelas atau di Kampus karena keseharian kita berkumpul dengan orang-orang yang malas belajar? Atau jangan-jangan selama ini kita terpengaruh oleh sifat-sifat buruk teman kita sendiri, misalnya lebih banyak nongkrongnya daripada belajarnya.

Percaya atau tidak, mau atau tidak mau kita terpengaruh oleh kehidupan dan perilaku teman-teman kita yang paling dekat. Kenapa? Karena biasanya ketika berkumpul dengan teman-teman, kita merasa cocok dengan mereka, karena satu pikiran walaupun secara sadar atau tidak sadar kita tahu bahwa kelompok atau teman-teman tersebut bisa membawa pengaruh yang lebih baik atau sebaliknya, ke arah yang akan membawa kepada kehancuran kehidupan akademis kita. Oke, untuk melihat seberapa besar pengaruh seorang teman dalam kehidupaanda, tuliskan lima nama teman anda yang paling dekat.

1. ——————————————–

2. ——————————————–

3. ——————————————–

4. ——————————————–

5. ——————————————–

Setelah menuliskan nama teman terdekat, sekarang bandingkan satu persatu antara kebiasaan anda dengan mereka. Apakah dari mereka ada persamaannya dengan anda? Jika ada, apa persamaannya? Misalkan sama-sama suka otak-atik motor, sama-sama suka humor, sama-sama suka nongkrong di depan kampus tempat anda belajar, dan sebagainya. Tuliskan pada ruang kosong di bawah.

1. ——————————————–

2. ——————————————–

3. ——————————————–

4. ——————————————–

5. ——————————————–

Sekarang anda menemukan kenapa anda sering berkumpul bareng setiap harinya. Sekarang kita lihat apakah yang anda tuliskan di atas merupakan kesamaan pikiran yang negatif atau positif? Apakah kesamaan pikiran ini mendukung anda dalam belajar atau tidak? Sekarang tuliskan lagi di bawah, jika kesamaan itu positif tapi tak mendukung belajar maka Anda harus membuat mereka mendukung proses belajar Anda. Jika sulit, bergabunglah ke komunitas positif yang akan mendukung proses belajar menjadi lebih mudah.

Tuliskan teman-teman baru yang mendukung proses belajar teman-teman.

1. ——————————————–

2. ——————————————–

3. ——————————————–

4. ——————————————–

5. ——————————————–

Ingat, prinsip kita adalah KEHIDUPAN KITA DITENTUKAN OLEH KITA, bukan oleh orang lain. Jadi, mau tidak mau kita harus mau mengubah atau menambah teman dalam proses membiasakan diri untuk belajar. Kalau Anda tidak mau mengubah atau menambah komunitas baru yang akan mendukung belajar teman-teman, maka kehidupan kita akan menjadi seperti sebelumnya. Jikapun ada perubahan, maka perubahan itu akan lambat. Lingkungan kita menentukan kehidupan kita KARENA KEHIDUPAN KITA ADALAH KEHIDUPAN DIRI KITA SENDIRI. Jadi berhak bagi kita untuk memperbaikinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s