MLM Menyebalkan? Ngga Juga!

Multi-Level-MarketingDulu, ketika saya masih kuliah, salah satu kegiatan saya adalah menjadi aktivis MLM. yup benar sekali MLM alias Multi Level Marketing. hehehe, pasti yang udah pernah ngerasain berjuang di MLM mulai pada cengar-cengir deh. Waktu itu bagi saya MLM adalah harga mati yang harus saya perjuangkan agar bisa menjadi orang sukses. Presentasi dari pagi sampai malam. Ditolak bertubi-tubi, dihina dan lain sebagainya adalah makan sehari-hari. Teman yang dekat menjadi jauh. Ketika bertemu di kampus pada menghindar karena takut diprospek dan lain sebagainnya. #nasib.

Yah, itulah lika-liku dalam sebuah perjuangan. pecis seperti di MLM, kehidupan kita sejatinya adalah seperti itu.  Sebuah perjuangan akan selalu datang saat-saat dimana kita sudah berjuang habis-habisan. Ketika sebulan presentasi sana-sini tanpa hasil. Lelah akan terbayar dengan bergabungnya seseorang pada jaringan kita. Walaupun hanya seorang tapi rasanya indah sekali. Dunia sepertinya membaik. Hidup yang indah rasanya akan segera tiba dan masa lalu yang suram akan segera musnah.

sebuah kenikmatan memang tidak bisa didapatkan dengan mudah. Nikmat itu ada karena ada perjuangan. Tanpa ada perjuangan maka sesuatu yang didapatkan akan terasa biasa-biasa saja. Akan sangat berbeda ketika kita bisa membeli mobil sendiri dengan mempunyai mobil dapat pemberian dari orang tua. Kita akan lebih sayang kepada sesuatu yang sudah kita perjuangkan.

Jika ingin belajar melatih mental, tidak ada salahnya bergabung di MLM setahun sampai dua tahun. Rasakan perjuangannya dan nikmati prosesnya. Disana mental kita akan terbentuk dan akan lebih kuat. Bukan ingin menjerumuskan ke MLM, karena saya hari ini sudah tidak bermain di MLM lagi. Tetapi jika kita bersikap positif dengan MLM sejujurnya di MLM adalah salah satu sekolah gratis bagaimana menempa mental kita dan mendidik kita tentang bagaimana memperjuangkan sesuatu yang memang kita layak perjuangkan. Bukti yang paling konkrit adalah banyak motivator lulusan MLM. hehe…

Ini juga yang dikatakan oleh salah seorang motivator dunia, Kyosaki. Dia mengatakan bahwa “Bila ikut bisnis MLM maka secara sistematis akan diperkenalkan cara-cara praktis untuk sukses dan diperkenalkan buku-buku yang harus dibaca. Sehingga akan belajar dan mengajarkan ke orang lain.”

Sampai detik ini ilmu-ilmu yang didapatkan di MLM masih saya rasakan. Percaya diri berbicara di depan orang banyak, mental pantang menyerah dan lain sebagainya. Bahkan, saya menulis buku yang berjudul “STOP BELAJAR!! Kalau Ingin Pintar” tidak lain karena titik balik pola pikir saya diawali dari sekolah pengembangan diri yang ada di MLM. Titik balik itu telah menyumbangkan beberapa buku yang saya tulis dan beberapa bisnis yang saya garap. Alahmdulillah… Cukuplah bagi saya bergelut di MLM dan mendapatkan ilmunya. Selanjutnya saya aplikasikan dalam kehidupan saya sehari-hari. #yang masih pada bingung maksud tulisan ini, harus praktek dulu di MLM. Hehehe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s