Cerita Dari Seorang Pendiri FEDEX

fedexPada suatu hari disebuah kota di Amerika seorang mahasiswa tengah mempersiapkan Tesis yang akan disidangkan beberapa hari kemudian dihadapan seorang profsor. Mahasiswa jurusan Ekonomi ini dengan penuh percaya diri bahwa konsep bisnis yang akan di sidangkan pada sidang tesisnya adalah sebuah terobosan baru yang akan memeberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Persiapan sudah matang, seluruh materi yang akan disidangkan pun sudah diberikan kepada profesor penguji untuk dipelajari dan sang mahasiswa tinggal menunggu waktu saja.

Tibalah waktu untuk sidang. Rambut klimis dengan tubuh dibalut dengan kemeja putih dan jas yang tampak rapih, ia menunggu panggilan untuk sidang terakhir yang akan menjadikannya seorang sarjana. Detik-detik waktu begitu sangat lama. Namun, percaya diri tetap ia kuatkan agar ketika sidang nanti ia bisa menjawab pertanyaan yang akan disidangkan.

Dan waktu yang begitu lambatpun akhirnya terasa semakin mendebarkan manakala sang petugas sidang tesis memanggil namanya, “Fred rick Smith” petugas sidang akhir menyebut namanya sambil  menurunkan kaca mata yang melorot ke hidungnya yang mancung. Fred muda pun masuk ke dalam ruangan sidang.

Di ruangan sidang, ia tampak sekali terkejut dan diam. Baru saja Fred duduk di kursi yang sudah disiapkan ia dicecar dengan berbagai macam pertanyaan yang menyepelekan konsep bisnis yang ia jabarkan, ekspedisi pengiriman barang. Menurut sang profesor pengiriman barang ke seluruh dunia adalah sesuatu yang sangat mustahil dan impian yang terlalu tinggi.

Fred muda sangat terpukul dengan pernyataan yang dikatakan oleh Profesor pengujinya. Walhasil nilai yang ia dapatkan hanyalah C, alias cukup. Fred muda kecewa. Namun kekecewaanya tidak membuatnya lantas putus asa. Justru sikap profesor yang menyepelekannya telah memacu dirinya untuk membuktikan bahwa konsep bisnis yang ia buat yang belum pernah ada sebelumnya dalah konsep bisnis yang layak untuk diperjuangkan.

Ia bangun sebuah perusahaan kecil yang ia beri nama FEDEX. Saya yakin sahabat semua sudah tahu FEDEX.  Perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang ke seluruh dunia. Bahkan bisa jadi diantara sahabat ada yang bekerja di perusahaan tersebut. Tahukah sahabat bahwa pada awalnya Fred Smith hanya mampu mengirimkan tujuh barang saja. Lima barang milik sendiri, dua barang milik orang lian yang ia kirimkan.  Namun konsistensi telah menjadikan perusahaan ini adalah perusahaan jasa pengiriman barang terbesar di dunia.

***

Orang yang hebat selalu percaya kepada dirinya sendiri. Ketika ia merasakan bahwa apa yang diperjuangkannya adalah sesuatu yang mustahil dan orang lain menertawakannya, maka itu adalah hak mereka. Hak kita adalah mewujudkan yang mereka anggap sebagai sesuatu yang mustahil. Seorang John F. Kennedy berkata “Jika anda berpikir anda bisa, maka sesungguhnya anda akan bisa. Namun, jika anda berpikir anda tidak bisa, maka hal itu pun benar.” Artinya bisa atau tidak bisa adalah pilihan. Kita lah yang menentukan bisa atau tidaknya. Dan hanya orang-orang yang berpikir dirinya mampu dan sanggup sajalah yang akan mampu menyelesaikan impian yang dianggap orang lain sebagai sesuatu yang mustahil. Selamat berjuang sahabat…:’)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s