Golden Time

pagi hari“Alhamdulillah, Tak berasa akhirnya selesai juga naskah.” pikiran ini melintas begitu saja dibatok kepala saya. Sebulan ini saya mengerjakan sebuah naskah pesanan dari seorang pembicara. Ada sebuah kebiasaan yang sedikit demi sedikit berubah lebih baik. Sebenarnya kebiasaan ini ketika masih kuliah menjadi hal yang biasa saja. Namun, seiring berjalannya waktu, kesibukkan bekerja, dan lain sebagainya kebiasaan itu sirna dan menjadi barang mahal buat saya. Sebenarnya kerinduan kembali ke momen tersebut tidak terbendung. Cuma memang momentumlah yang akhirnya bisa kembali ke kebiasaan tersebut. Kebiasaan apa itu? Menulis di pagi hari. hehehe… (apa sih ten..? biasa aja kali ya..:p)

Teringat pada sebuah sabda nabi yang bunyinya begini:

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Beuh kalau sudah seperti ini rasanya nyesel banget waktu-waktu dipagi hari disia-siain begitu aja. Nah, atas dasar ini jugalah saya akhirnya memutuskan menulis naskah pesanan tersebut dipagi hari. itung-itung belajar dan mendawamkan kehidupan yang lebih tenang yang ternyata mulai terasa angkuh dan tidak manusiawi.

Seiring perjalanannya, diawal memang sulit, tetapi ternyata lama kelamaan menjadi ketagihan. Menulis di pagi hari saya terus pertahankan dengan sekuat tenaga. Ada rasa yang berbeda antara menulis di waktu-waktu yang diberkahi tersebut. Menulis rasanya lancar jaya tidak ada hambatan. Terasa sangat berbeda ketika menulis di malam hari. Hasil tulisan di pagi hari seperti berbobot dan mengalir sementara tulisan di malam hari terasa hambar dan terasa bertele-tele.

“Jadi kenapa bisa seperti itu mas Ten?” Itulah yang juga menjadi pertanyaan saya. Hadits nabi diatas memang sudah terbukti manjur. Selain menulis dipagi hari menjadi lancar jaya buat saya juga ternyata perasaan optimis berlipat-lipat. Apa lagi kalau sebelumnya diawali salat Tahajud, lanjut subuh berjamaan, plus ditambah doa Al-matsurat dan tilawah dua halaman, nulis semakin ekpress saja. Tidak percaya? Cobain deh ya…

Nah, jadi kenapa waktu-waktu dipagi hari itu menjadi waktu yang sangat baik untuk beraktifitas dan membangun ide-ide? Selidik punya selidik ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan waktu pagi hari itu adalah waktu-waktu yang penting untuk kita manfaatkan.

  • Udara di pagi hari masih segar

Waktu di pagi hari adalah waktu dimana udara masih segar. kebanyakan orang masih barada di rumah. Kendaraan bermotor belum dikeluarkan dan dinyalakan. Walhasil pagi hari menjadikan udara masih bersih.

  •  Mengandung banyak oksigen

Kenapa bisa segar? karena di pagi hari oksigen masih banyak dan belum rusak. Kandungan oksigen yang tinggi menjadikan otak kita menjadi lebih segar. dibandingkan siang hari, sore hari dan malam hari, di pagi hari mempunyai oksigen yang paling banyak.

  •  Mengandung gas ozon

Di pagi hari juga terkandung gas ozon yang dapat menyehatkan paru-paru. Peredaran darah juga semakin deras sehingga pasokan ke otak semakin lencar. Akibatnya semakin segarlah otak kita.

 

  •  Kerja otak lebih maksimal

Hormon-hormon di otak lebih banyak diproduksi di pagi hari. terutama hormon untuk daya ingat. Nah, horomon inilah yang akhirnya membuat kita akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan waktu di malam hari.

  •  Mengusir  stress

Suasana yang tenang di pagi hari juga ternyata menyebabkan tubuh yang segar dan pikiran yang lebih tenang. Hal ini menyebabkan rasa optimis muncul. Akan sangat berbeda ketika kita bangun di siang hari. rasanya lemes dan kurang bertenaga. Selain itu terasa sangat pesimis dan tidak ada visi hidup.

Nah, inilah yang menyebabkan waktu pagi adalah golden time yang menyebabkan tulisan lancar jaya. Selain memang Rasulullah saw sudah mendoakan waktu pagi ternyata di waktu tersebut adalah waktu yang masih segar. orang-orang besar, orang-orang hebat selalu memulai hidupnya di pagi hari. tidak percaya? Coba deh rasain ya…:D

Iklan
Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s