The Power of Ngulang

kartun ngampus“Tidak mungkin!!” Seru Rino dalam hatinya. Ya, Rino hanya mampu berteriak dalam hatinya karena khawatir disangka sebagai orang aneh di waktu menjelang Ashar ia teriak-teriak diluar Mushola. Sore Ashar yang kelabu bagi Rino. Siang tadi ia baru saja menerima transkrip nilai semesternya dan ia merasa bahwa dunia akan runtuh. Hampir seluruh nilainya C. Ada beberapa nilainya berhias B dan disempili dengan nilai D sebanyak 2 buah dari seluruh mata kuliah yang ia ikuti sebanyak 12 mata kuliah.

Hehe.. Ada yang pernah merasakan hal yang sama seperti Rino diatas? Jujur aja deh ya:D. Kalau disurvei nih dari satu kelas, maka yang terbanyak adalah mahasiswa atau siswa seperti Rino ini. Kebingungan dengan nilai pas-pasan. Prustasi dengan nilai yang didapat dan akhirnya malas sekolah atau kuliah.Terus terang saya pernah merasakan seperti itu. Tapi alhamdulillah penyakit itu tidak akut sehingga saya bisa memperbaikinya.

Kejadian Rino diatas bisa jadi karena ada beberapa faktor. pertama faktor ngga tahu tujuan kuliah (yang ini sudah sering saya bahas ya). kedua, udah punya tujuan kuliah sih, tapi belum mempunyai trik yang bisa membantu dirinya untuk menguasai ilmu-ilmu yang dia pelajari.

Oke deh, saya mau ngasih satu tips yang sebenernya tips ini adalah tips yang sudah “sering” kita lakukan. apa itu? THE POWER OF NGULANG. yup, trik mengulang pelajaran. “ah, kalau kayak gitu mah udah sering mas Ten.” Oke, oke…. tapi dengarkan saya terlebih dahulu ya.

Saya ingin bertanya kepada Sahabat semua kenapa salat selalu dilakukan setiap 5 kali dalam sehari? kenapa pula zikir diminta agar diulang-ulang?. Coba sahabat dengarkan peppatah ini:

“Cikaracak ninggang bati laun-laun jadi legok.” (Air yang menetes setetes demi setetes yang mengenai batu, sedikit demi sedikit akan membentuk cekungan). Pepatah ini sangat terkenal sekali di budaya Sunda. Satu lagi ya…

“Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Ala bisa karena biasa.”

Coba sahabat perhatikan dua pribahasa tersebut. Sesuatu yang sering kali diulang akan menjadi kebiasaan dan akan menjadi bagian dari bawah sadar kita. Jadi saya merasa belum yakin si Rino diatas nilainya bagus ketika ia tidak melakukan hukum pengulangan ini atau The Law of Repetition.

So, jika sahabat merasa nilainya masih belum juga naikin harga diri Sahabat dimata dunia (caelahh..!) Cobalah untuk berusaha mengulangi setiap mata pelajara atau kuliah yang sudah dipelajari. Karena dengan begitu materi yang sudah dipelajari akan segera masuk kebagian bawah sadar. Hasilnya, ketika kita membutuhkan materi tersebut, ia akan datang begitu saja tanpa kita harus berpikir kelas. Sistem Kebut Semalam? Lewaaaaatttttt…hehehe

Oh iya, tips satu lagi nih. Cobalah cari waktu yang membuat Sahabat merasa nyaman untuk mengatasi kebosanan belajar. Kalau saya biasanya naik ke atas genteng sambil berjemur. Namabahin kulit agar tambah item..hehehe… Well, let’s do something for apur future…

Iklan

One thought on “The Power of Ngulang

  1. Benar mas… untuk mengingat jalan saja jika kita sudah ama ga kesana pasti ada lupanya juga,,, padahal kita yakin tau alamatnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s